Posted by : Luthfi Zain Fuadi Rabu, 22 November 2017



Soal :
1. Sebutkan Definisi  
    a. Pengertian Sistem  
    b. Pengertian Informasi  
    c. Pengertian Sistem Informasi  
Dari Ketiga Diatas Buatlah Definisi Menurut 3 ahli masing-masing?

2. Sebutkan Data apa saja yang digunakan dan sebutkan informasi apa saja yang dihasilkan dalam:  
    a. PSI akademik pada sebuah Penguruan tinggi   
    b. PSI pelayanan pasien pada sebuah RS   
    c. PSI Penjualan pada online

3. Sebutkan komponen" apa saja yang dibutuhkan dalam: 
    a. PSI akademik pada sebuah Penguruan tinggi   
    b. PSI pelayanan pasien pada sebuah RS  
 c. PSI Penjualan pada online   

4.    Jelaskan definisi dari analisa sistem ?
5.    Sebutkan langkah-langkah dan komponen-komponen dalam tahapan analisa sistem sampai dengan membuat laporan hasil analisis ?
6.    Apa yang dimaksud dengan desain sistem dan sebutkan tujuan didalam desain sistem tersebut ?

7.    Jelaskan faktor-faktor organisasi yang harus diperhatikan dalam melakukan desain sistem ?

Jawaban :

1.       Pengertian Sistem menurut para ahli :

1. L. James Havery
Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

2. Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler
Sistem adalah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergangguan tersebut.

3. Musanef

Sistem adalah suatu sarana yang menguasai pekerjaan dan keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.

          Pengertian informasi menurut para ahli :

1. Abdul Kadir, McFadden, dkk

Menurut Abdul Kadir dan Mc Fadden, informasi merupakan data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.

2. Anton M. Moeliono

Anton M. Moeliono juga mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selanjutnya  Anton M. Moeliono juga menyatakan bahwa informasi merupakan keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu.

3. Azhar Susanto

Dalam buku Sistem Informasi Akuntansi, Azhar Susanto mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi orang yang menerimanya.

         Pengertian sistem informasi menurut para ahli :

1. Menurut Sutabri (2005:42)
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

2. Menurut Gordon B. Davis (1991:8)
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

3. Menurut Hanif Al-Fatta (2009:9)
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.

2.         a.    PSI akademik pada perguruan tinggi
            Data yang dibutuhkan :
                  -          Data Program Studi
                  -          Data Dosen
                  -          Data Mahasiswa
                  -          Data Kurikulum
                  -          Data Mata Kuliah disetiap kurikulum
                  -          Data Nilai
                  -          Data Keuangan dan Administrasi Mahasiswa
            Informasi yang dihasilkan :
                  -          Kartu Rencana Studi (KRS)
                  -          Kartu Hasil Studi (KHS)
                  -          Transkip Nilai
             
            b.    PSI pelayanan pasien pada Rumah Sakit
            Data yang dibutuhkan :
                  -          Data Pasien
                  -          Data Dokter
                  -          Data Obat
                  -          Data Ruangan
            Informasi  yang dihasilkan terdiri dari:
                  -          Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per pasien rawat inap.
                  -          Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien rawat inap.
                  -          Laporan pemakaian obat
                  -          Laporan hasil diagnosa dokter

c.    PSI penjualan secara online
       Data-data :
                  -          Data produk
                  -          Data sales
                  -          Data pengiriman barang kepada pelanggan Informasi
                  -          Laporan produk
                  -          Laporan penjualan
                  -          Laporan pencapaian target

     3.      Komponen-komponen yang di butuhkan :
Hardware
            -          Media input (keyboard,mouse)
            -          Media proses(pentium out)
            -          Media output(printer,speaker)
            -          Media simpan luar(Fd,Hd,CD)
 Software
            -          Sistem operasi (windows)
            -          Bahasa pemrograman
            -          Paket aplikasi

Basis data PSI akademik pada sebuah perguruan tinggi

            -          File materi mata kuliah
            -          File nilai mahasiswa
            -          File tugas mahasiswa

Basis data PSI pelayanan pasien pada sebuah R.S

            -          File pasien
            -          File perkembangan pasien
            -          File penyakit pasien & tindakan pengobatan pasien

Basis data PSI penjualan secara online

            -          File produk
            -          File konsumen
            -          File order

PSI akademik pada sebuah perguruan tinggi

            -          Prosedur pendaftaran mahasiswa baru
            -          Prosedur keikut sertaan matakuliah
            -          Prosedur pengikut sertaan UAS

PSI pelayanan pasien pada sebuah R.S

            -          Prosedur registrasi pasien baru
            -          Prosedur penebusan resep dokter
            -          Prosedur izin praktek dokter

PSI penjualan secara online

            -          Prosedur pemesanan barang
            -          Prosedur pengiriman barang kepada konsumen
            -          Prosedur pembayaran dari konsumen

   4.      Definisi analisa sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
  
   5.      Langkah-langkah di Analisis Sistem :
Langkah-langkah di dalam tahap analisis sistem hampir sama dengan langkah-langkah
yang dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan di tahap perencanaan sistem. Perbedaannya pada analisis system ruang lingkup tugasnya lebih terinci.
Didalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh Analis Sistem Yaitu sbb:

1. Identify, Yaitu mengidentifikasikan masalah
- Mengindentifikasikan penyebab masalah
- Mengidentifikasikan titik keputusan
- Mengidentifikasikan personil-personil kunci

2. Understand, Yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
- Menentukan jenis penelitian
- Merencanakan jadual penelitian
- Mengatur jadual wawancara
- Mengatur jadual observasi
- Mengatur jadual pengambilan sampel
- Membuat penugasan penelitian
- Membuat agenda wawancara
- Mengumpulkan hasil penelitian

3. Analyze, Yaitu Menganalis Sistem
- Menganalisis kelemahan Sistem
- Menganalisis kebutuhan Informasi pemakai / manajemen

4. Report, Yaitu membuat laporan hasil analisis Tujuan :
- Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan
- Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
- Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
- Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya .

    6.      Desain Sistem
Desain sistem dapat didefinisikan sebagai: “Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem: pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi; menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.”

Tujuan desain sistem
Tahap desain sistem mempunyai dua maksud atau tujuan utama, yaitu:
a.      Untuk memenuhi kebutuhan para pemakai sistem
b.      Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat. Tujuannya lebih condong pada desain sistem yang terinci, yaitu pembuatan rancang bangun yang jelas dan lengkap untuk nantinya digunakan untuk pembuatan program komputernya.

    7.      Faktor-laktor Organisasi
Terdapat lima buah faktor organisasi yang harus dipertimbangkan dalam desain sistem, yaitu sifat dari organisasi, tipe organisasi, ukurannya, strukturnya dan gaya manajemennya .

1. Sifat organisasi.
Kebutuhan informasi untuk suatu organisasi dengan organisasi yang lainnya berbeda. Misalnya perusahaan real estate, perusahaan asuransi, atau perusahaan transportasi berbeda dengan perusahaan manufaktur dalam bentuk informasi yang dibutuhkan. Demikian juga dengan perusahaan perdagangan besar dengan perdagangan eceran juga berbeda kebutuhan informasinya. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasikan dan memahami kebutuhan informasi bagi suatu organisasi yang tertentu, pertama kali perlu diperhatikan aau dipahami sifat organisasi tersebut.

2. Tipe organisasi.
Tipe organisasi dapat dikategorikan sebagai berikut ini.
– Organisasi fungsional, yaitu setiap manajer bertanggungiawab untuk area fungsi tertentu seperti produktifitas, pemasaran, personalia atau keuangan.
– Organisasi divisonal, yaitu tiap-tiap manajer divisi bertanggungjawab terhadap suatu fungsi dan suatu objek atau program kerja,

3. Ukuran organisasi
Ukuran dari organisasi juga merupakan faktor vang mempengaruhi kebutuhan informasi. Semakin besar organisasi, semakin banyak informasi yang dibutuhkan.

4. Struktur organisasi.
Struktur internal organisasi juga tanggungjawab terhadap manajemen persediaan dapat berada pada tanggungjawab departemen produksi di suatu organisasi atau dapat berada pada tanggunglawab departemen pembelian di organisasi lainnya. Dari struktur organisasinya, maka dapat ditentukan departemen mana yang membutuhkan informasi persediaan ini, apakah departemen produksi atau departemen pembelian . departemen produksi biasanya lebih membutuhkan informasi mengenai ketersediaan persediaan, perputaran persediaan dan kualitasnya, sedang departemen pembelian lebih membutuhkan informasi mengenai harga persediaan dan informasi tentang pemasok berupa tanggung jawab departemen produksinya, tetapi untuk organisasi lainnya dapat berada pada tanggung jawab departemen yang terpisah.

5.  Faktor-faktor Manusia
Analisis system harus mencoba untuk dapat mendesain system yang dapat diterima oleh semua pemakai, tidak hanya satu atau dua pemakai saja, tetapi bisa dipakai oleh semua pemakai dan tidak menyulitkan pemakai.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 RascaL - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -