Posted by : Luthfi Zain Fuadi Selasa, 19 September 2017

IMG-20170810-0024
SUKOYOSO – Kamis (10/8), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK Pringsewu di Pekon Sukoyoso Sukoyoso turut serta menghadiri Program Keluarga Harapan (PKH) Kelompok “Mekar Jaya” Sukoyoso, Jam 09.00 WIB s/d selesai. PKH bertujuan mengurangi angka kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan antar generasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan, kegiatan tersebut di hadiri Ibu DM Fitri selaku pendamping PKH.
Bagi seorang pendamping sosial terutama pendamping PKH, rutinitas kesehariannya adalah sebagai upaya mewujudkan tujuan akhir program keluarga harapan secara nasional tidak pernah sepi dari agenda, mulai dari rutinitas terkait P2K2 (pertemuan pemantapan kemampuan keluarga) atau yang lazim disebut sebagai pertemuan kelompok PKH bulanan, sampai dengan agenda-agenda peningkatan kecakapan dan keterampilan pendamping sendiri.
Pendampingan sosial yang dilakukan oleh pendamping PKH menjadi harapan besar untuk tercapainya tingkat kesejahteraan yang lebih baik KELOMPOK “Mekar Jaya” Pekon Sukoyoso agar bisa mengantarkan KSM peserta PKH menuju gerbang kebebasan dari kemiskinan dan keterpurukan. Untuk itulah diperlukannya komitmen yang kuat dalam melaksanakan tugas kerjanya dalam pendampingan sosial, serta mengupayakan kepastian terlaksananya komplementaritas program bagi seluruh peserta PKH dampinganya. Komplementaritas yang merupakan komponen pelengkap program untuk memenuhi kebutuhan dasar KSM berupa program perlindungan sosial dan jaminan sosial didesain untuk saling melengkapi sehingga menimbulkan daya ungkit yang besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin. Dalam hal ini seluruh peserta PKH berhak memperoleh bantuan komplementaritas lainnya dan itu menjadi agenda utama bagi pendamping PKH dalam pendampingan sosial yang dilakukannya.

Sumber : http://www.nuraminudin.co.id/program-keluarga-harapan-mekar-jaya/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 RascaL - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -